Capaian Pembelajaran (CP) itu dirumuskan dalam bentuk paragraf tidak bernomor, beda dengan perumusan KD (Kompetensi Dasar) pada kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013 yang sudah bernomor. Karena masih dalam bentuk paragraf maka CP itu perlu dipisah-pisahkan. Nah hasil pemisahan itu berupa Tujuan Pembelajaran (TP).
Perumusan TP tidak harus menggunakan formula ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree). Cukup memuat kata kerja yang menunjukkan kemampuan dan lingkup materi. Contoh TP dalam formula ABCD: Melalui diskusi, siswa dapat menuliskan bilangan berpangkat dengan benar. Di dalam kurikulum merdeka, TP boleh hanya ditulis: Menuliskan bilangan berpangkat.
Penjelasan mengenai formula TP dijelaskan di video berikut ini
Setelah CP itu dijabarkan atau diuraikan dalam bentuk TP-TP yang tentu lebih dari 1 (misalnya 10 TP), selanjutnya TP-TP diurutkan. TP-TP yang sudah diurutkan itu disebut dengan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran). Perhatikan bagan di bawah ini!
Bagaimana cara merumuskan TP yang selanjutnya diurutkan menjadi ATP, dapat disaksikan di video berikut ini.
Komentar
Posting Komentar